Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Minggu, 05 April 2020

[Tips] Data di Excel Anda Mengandung Banyak Spasi di dalam Kolom?, Berikut Cara Menghapusnya !!

e-Free Tutor - Sel pada lembar kerja Excel terkadang berisi spasi ekstra, baik itu yang sengaja dibuat maupun hasil copy paste dari program lain. Yang fatalnya bila data ini digunakan dalam formula, hal tersebut bisa menyebabkan error atau hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. 

Pada kesempatan kali ini kami membahas bagaimana cara menghapus spasi pada data Excel yang di dalam cell-nya berupa angka. Baik itu angka biasa (935  539) atau angka yang memiliki karakter khusus di depannya, misalnya sebuah nomor telepon (+62 334) serta format angka yang lainnya.

Langsung saja, Berikut tips, cara menghapus spasi pada angka yang ada di lembar kerja Excel.

Cara Menghapus Spasi Data di Sel Menggunakan Fungsi SUBSTITUTE

Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk menghapus semua ruang atau ruang yang tidak putus. Dengan kata lain Subtitute bisa digunakan untuk menghapus spasi pada angka-angka, termasuk kombinasi angka dengan karakter tertentu, Misalnya :
  • Angka yang memiliki karakter spasi seperti kedua baris ini (7027 14 36 dan 1862 7027). Secara tampilan memang sama seperti angka pada umumnya. Namun, jarak pada angka tersebut bukanlah spasi biasa. Tetapi sebuah karakter yang menyerupai spasi, yang disebut dengan nonbreaking space (kode ASCII 160) serta selain itu terkadang juga terdapat karakter pilcrow sign " " (kode ASCII 182) yang bercampur dengan data. Umumnya karakter maupun spasi ini biasanya hanya digunakan di halaman web berupa tag html  


  • Angka dengan nol (0) atau awalannya dengan tanda tambah (+) di depannya.


  • Angka dengan tanda dalam petik dan koma.

Jika Anda memiliki data seperti contoh diatas, agar dapat menghapusnya ada 2 formula yang bisa Anda gunakan dalam menyelesaikan, berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1 :

Jika Anda memiliki data seperti contoh point pertama diatas, pada nomor urut 1 dan 2 hal pertama, yang harus Anda lakukan ialah dengan lebih dahulu mencari tahu nomor dari kode karakter pilcrow sign ini " " ataupun model karakter lainnya, dengan mengetik formula berikut pada sel disampingnya, (contoh : karakter pada sel A2)

=CODE(A2)


Setelah kode dari karakter tersebut sudah Anda temukan. Selanjutnya, gunakan formula SUBSTITUTE dan CHAR berikut untuk mengembalikan (menghapus) string teks tanpa karakter tersebut.

1. Untuk contoh data pada nomor urut 1 Anda bisa mengetikkan formula berikut, disampingnya (contoh : data pada sel B3).

=SUBSTITUTE(B3;CHAR(182);"") 


2. Dan, untuk contoh data pada nomor urut 2 gunakan kombinasi formula berikut, (contoh : data pada sel B4).

=SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(B4;CHAR(182);"");" ";"")


Catatan : Pada contoh data untuk nomor urut 1 dan 2 terdapat perbedaan disini namun, konsep yang digunakan tetap sama. Misalnya data nomor urut 2 fungsi SUBSTITUTE yang digunakan ada 2 yaitu :
  1. SUBTITUTE di awal gunaya untuk menghapus spasi biasa. Sedang fungsi yang kedua untuk menghapus karakter pilcrow sign " " menggunakan kode CHAR (182).
  2. Dan jangan lupa juga, pengaturan di setiap perangkat berbeda harap ganti tanda titik koma (;) pada formula dengan tanda koma (,) bila komputer Anda menggunakan settingan tersebut ataupun sebaliknya.

Langkah 2 :

Sedangkan, jika Anda memiliki data seperti contoh point 1 (khusus data no.urut 3) 2 dan 3 diatas, dapat kita lihat untuk data nomor urut 3, 4, 5 dan 6. Cukup gunakan 1 formula saja untuk menghapus spasi extra yang terdapat pada data di sel tersebut, dengan cara :

1. Ketik formula berikut pada sel di sampingnya (contoh : sel C5).

=SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(B5;" ";"");CHAR(160);"")

2. Selanjutnya, salin kembali formula pada cel C5 tadi ke sel di bawahnya. hingga hasilnya nanti seperti berikut :

Keterangan : Pada contoh data untuk nomor urut 3, 4, 5 dan 6 ini terdapat juga 2 fungsi SUBSTITUTE yang digunakan, yaitu :
  1. Kebalikan dari penggunaan fungsi pada contoh data di no. urut 2 yang dimana SUBTITUTE di awal gunaya untuk menghapus spasi ekstra tanpa putus menggunakan kode CHAR (160). Sedang fungsi SUBTITUTE yang kedua gunanya untuk menghapus spasi biasa dari data.
  2. Dan jangan lupa juga, pengaturan di setiap perangkat berbeda harap ganti tanda titik koma (;) pada formula dengan tanda koma (,) bila komputer Anda menggunakan settingan tersebut ataupun sebaliknya.
Baiklah, cukup sekian tips dari kami selamat mencoba, semoga penjelasan dari kami mudah untuk dipahami serta nantikan ulasan artikel kami yang lainnya. Oh iya tak lupa, jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar bila ada yang ingin sobat pertanyakan. Terima kasih! 😉


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : [Tips] Data di Excel Anda Mengandung Banyak Spasi di dalam Kolom?, Berikut Cara Menghapusnya !!

0 komentar:

Posting Komentar