Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Jumat, 19 April 2019

+2 Cara, Agar Terhubung Pada WiFi Yang Tidak Muncul (Hidden) di Laptop Windows 10

e - Free Tutor - Terkadang Jaringan WiFi yang tersembunyi (hidden) tidak akan nampak ketika Anda pertama kali menyalakan, sehingga hal ini menjadikannya tidak terlihat dalam daftar jaringan nirkabel yang tersedia. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat terhubung ke jaringan tersembunyi tersebut. Pada prinsipnya Anda bisa terhubung, akan tetapi Anda harus tahu nama, kata sandi, dan informasi keamanan lainnya khusus wifi tersebut. di kesempatan kali ini Kami akan beritahu Anda 2 Cara Agar Agar Terhubung Pada WiFi Tidak Muncul (Hidden) di Laptop Windows 10, selengkapnya sebagai berikut :


Temukan Detail Informasi Koneksi untuk WiFi yang tersembunyi

Pada umumnya, ketika Anda terhubung ke jaringan nirkabel yang namanya dapat dilihat dalam daftar jaringan yang tersedia, biasanya hal tersebut sudah terkonfigurasi secara otomatis. Anda cukup memasukkan kata sandi atau tekan tombol WPS pada router. Berbeda halnya dengan jaringan nirkabel yang tersembunyi (hidden), Anda perlu mengetahui terlebih dulu informasi keamanannya kemudian memasukkannya secara manual. Adapun detail informasi yang diperlukan yaitu :
  1. Nama jaringan atau SSID (Pengenal Layanan Perangkat)
  2. Kata sandi untuk menghubungkan ke jaringan nirkabel
  3. Jenis enkripsi (keamanan) yang digunakan untuk kata sandi. Jika jaringan menggunakan WEP, catat kunci WEP. Jika menggunakan WPA-PSK atau WPA2-PSK, catat kunci Pra-bagi. Jika tidak menggunakan keamanan apa pun, Anda hanya perlu SSID-nya.

Dalam kasus ini, Informasi tersebut hanya dapat Anda peroleh dari pemilik sebuah jaringan Wifi, administrator TI (jika Anda berada dalam lingkungan bisnis) atau dari router rumah milik Anda. Tapi sebelum mencoba, Ada baiknya untuk pastikan bahwa perangkat Anda sudah berada dalam jangkauan WiFi yang tersembunyi tersebut.

1. Gunakan Wizard Windows 10 Untuk Menghubungkan Perangkat ke Jaringan Nirkabel

Dalam hal pengkoneksian Jaringan, pada dasarnya penggunaan dalam Windows 10 hampir sama dengan windows yang lainnya, hanya saja untuk jaringan tersembunyi, dalam prosesnya perlu adanya pemahaman khusus dikarenan banyak orang yang tidak begitu menyadarinya peletakannya :
  1. Pertama, buka daftar jaringan WIFI yang tersedia, dengan mengklik atau mengetuk sinyal WiFi, di sudut kanan bawah taksbar.


  2. Temukan jaringan WiFi bernama Hidden Network . Klik atau ketuk namanya, pastikan bahwa opsi "Sambungkan otomatis " dipilih dan tekan Sambungkan.


  3. Selanjutnya, ketikkan nama jaringan nirkabel tersembunyi yang diminta. dan tekan Next .


  4. Sekarang Anda diminta untuk memasukkan kata sandi (atau kunci keamanan) untuk menghubungkan ke jaringan tersembunyi tersebut. Ketikkan kata sandinya dan tekan Next .


  5. Tunggu beberapa menit. hingga nantinya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin PC Anda dapat ditemukan di jaringan ini. silahkan pilih Ya atau Tidak , tergantung pada apa yang Anda inginkan.


  6. Selesai, Anda sudah terhubung ke jaringan.

2. Gunakan Control Panel dan wizard Untuk Mengatur Koneksi atau Jaringan

Jika langkah pertama yang Anda coba belum berhasil, bisa jadi Anda mungkin menggunakan versi Windows 10. yang lebih lama. Dalam hal ini langsung saja lakukan cara yang kedua ini, selengkapnya dibawah ini :
  1. Buka Control Panel, klik tombol Start, lalu klik tombol settings.

     
  2. Selanjutnya pilih "Network and Internet" lalu pilih lagi  "Network and Sharing Center.".


  3. Kemudian di sana, klik atau ketuk tautan yang mengatakan: "Set up a new connection or network" (Siapkan koneksi atau jaringan baru).



  4. Pada jendela tampilan "Set Up Connection or Network" Wizard. Pilih dan klik "Manually connect to a wireless network" (Sambungkan secara manual ke jaringan nirkabel) atau ketuk Next .



  5. Selanjutnya silahkan masukkan informasi keamanan untuk jaringan WiFi Anda pada bidang yang sesuai, sebagai berikut:

    • Masukkan SSID atau nama jaringan, di bidang "Network name" .
    • Pada Security type pilih saja WPA2-Personal.
    • Pada Security key, masukkan kata sandi yang digunakan oleh WiFi tersembunyi tersebut. dan centang kotak "Hide characters" Jika Anda tidak ingin orang lain melihat kata sandi yang Anda ketikkan,
    • Selanjutnya, silahkan centang kotak "Start this connection automatically" Untuk dapat terhubung ke jaringan ini secara otomatis.



  6. CATATAN : Jika Anda mencentang kotak "Connect even if the network is not broadcasting" Windows 10 akan mencari jaringan tersembunyi setiap kali tidak terhubung ke jaringan, bahkan jika jaringan yang tersembunyi tidak berada di area Anda. Sebenarnya hal dapat membahayakan privasi Anda karena profesional yang terampil dapat mencegat pencarian ini untuk jaringan tersembunyi. Jadi ada baiknya untuk tidak mencentangnya.

  7. Setelah selesai, selanjutnya tekan Next.
Sekarang jika Anda berada dalam jangkauan WiFi tersembunyi, perangkat Windows 10 Anda akan secara otomatis terhubung WiFi tersebut.
Kesimpulan : Seperti yang Anda lihat dari tutorial ini, prosedur untuk menyambung ke jaringan tersembunyi sedikit lebih rumit daripada proses sederhana menyambung ke jaringan WiFi yang menyiarkan namanya. Selain itu, menggunakan WiFi tersembunyi tidak membuat Anda lebih aman. Karena itu, sebelum menutup artikel ini, kami ingin tahu mengapa dan di mana Anda menggunakan jaringan nirkabel tersembunyi. Komentar di bawah dan mari kita bahas bersama. Terima kasih, selamat mencoba


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : +2 Cara, Agar Terhubung Pada WiFi Yang Tidak Muncul (Hidden) di Laptop Windows 10

0 komentar:

Posting Komentar