Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Selasa, 14 November 2017

Tak Ingin Akun Hilang Kena Bajak, Kenali 6 Ciri-ciri Situs Phising

e-Free Tutor - Maraknya kejahatan terutamanya kejahatan yang terjadi di dunia maya, kerap kali menjadi masalah yang serius dan harus dicegah sedini mungkin untuk mencegah terjadinya hal yang tidak di inginkan.

Kegiatan Phising yang diambil dari kata fhising, dimana istilah ini menjadi salah satu modus kejahatan yang paling sering dilakukan oleh pelaku cybercrime.

Pada dasarnya tindakan kejahatan ini selalu dikaitkan dengan cara yang biasa digunakan oleh para hacker untuk mencuri informasi password dari akun korbannya dengan cara memancing atau mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.


Dari adanya modus ini biasanya tanpa sadar Kita telah terjebak sehingga akun pribadi akhirnya hilang dibajak (dibobol) oleh orang lain akibat keteledoran sendiri karena kurangnya pengetahuan dalam mengenali ciri-ciri kejahatan yang biasa disebut Phising ini.

Nah oleh karena itu bagi Kamu yang takut akunnya kena bajak (dibobol), penulis akan membagikan tips dalam mengenali ciri-ciri situs phising yang penting untuk Kamu ketahui !

Mengenali Ciri-ciri Situs Phising :

1. Tampilan Hampir Mirip Dengan yang Asli

Gambar : tukul851

Secara tampilan situs phising memang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan aslinya, karena tak jarang juga banyak korbannya yang terkecoh.

Namun demikian, dari situs phising ini pun biasanya masih memiliki beberapa kekurangan, dan hampir tidak semua tampilan yang dibuat persis seperti aslinya. Misalnya saja, pada tombolnya ataukah dari jenis font yang digunakan pada konten teks yang mungkin sedikit berbeda dari situs aslinya.

Nah jika Kamu termasuk pengguna yang cerdas sudah tentu segi tampilan bukanlah hal yang sepenuhnya bisa dijadikan perbandingan apakah situs yang diakses tersebut benar asli atau bukan. Terdapat banyak hal yang bisa Kamu jadikan perbandingan untuk lebih menjaga kehati-hatian.

Karena pada dasarnya para pelaku cybercrime tersebut tentu tidak akan puas sampai disitu saja, mereka pastinya akan melakukan berbagai cara agar situs yang dibuatnya bisa terlihat sangat mirip dengan aslinya tanpa cacat dan kekurangan sekalipun, dan pada akhirnya korbannya benar-benar terkecoh dibuatnya.

2. Alamat Situs Sedikit Berbeda dari Aslinya

Gambar : legendkingz-tutorial

Bertujuan mengelabuhi sang korban, sudah pasti situs phising memang cenderung dibuat mirip secara tampilan, meski begitu tampilan memang boleh mirip tapi tidak dengan alamat situs atau URL yang digunakan.

Hal itu karena dalam pengalamatan sebuah situs satu domain hanya bisa digunakan untuk satu website, jadi dalam hal URL yang digunakan tidak akan mungkin bisa sama persis. Akan tetapi kebanyakan penjahat cyber juga cerdik mereka bisa mengakalinya dengan menggunakan nama domain yang akan sedikit mirip dari situs asli.

Nah dari pengetahuan inilah oleh karenanya sebelum Kamu login pada akun apapun itu, ada baiknya perhatikanlah terlebih dahulu alamat situsnya dan pastinya alamatnya sesuai aslinya.

3. Memberikan Tawaran Yang Menggiurkan

Gambar : tekno.liputan6.com

Ciri-ciri situs phising berikutnya adalah hal yang sudah sering kita temukan ketika sedang berselancar di internet dan bisa di kategori cara ini termasuk paling ampuh yang dilakukan oleh penjahat cyber.

Menjadikan korbannya tergila-gila akan iming-iming hadiah seperti iPhone gratis, pulsa gratis dan tawaran lain yang sangat mengiurkan, sehingga kebanyakan juga yang tergiur dan masuk jebakan untuk dengan mudahnya memberikan informasi password dari akun yang dimiliki.

4. Domain Tidak Dibekali Keamanan HTTPS

Gambar : ratnaid.com

Agar dapat memberi jaminan akan keamanan kepada penggunanya, situs-situs yang berkualitas dan terpercaya biasanya membekali halaman situsnya dengan perlindungan HTTPS yang biasa tertera pada Alamat/URL sebuah situs, dan itu utamanya pada halaman login.

Berbeda halnya dengan situs-situs phising, penggunaan HTTPS pada halaman situsnya bisa dipastikan hampir tidak ada atau sama sekali tidak dimiliki. Jadi, dapat disimpulkan jika Kamu menemukan halaman Login sebuah Facebook yang di URL-nya tidak dibekali dengan HTTPS, bisa dipastikan bahwa itu adalah situs phising maka hal tersebut patut untuk Kamu waspadai.

5. Data Sudah Benar, Tapi Selalu Gagal Saat Login

Gambar : sibod.com

Ketika kamu mencoba untuk login pada suatu situs, namun disaat yang sama kamu mendapati proses login tersebut menampilkan notifikasi bahwa username atau password yang dimasukkan salah padahal kamu yakin betul data yang dimasukkan sudah benar, nah dari masalah ini berhati-hatilah.

Bisa jadi saat tersebut kamu sedang login di sebuah situs phising. dan mungkin saja sebenarnya kamu sudah berhasil untuk login hanya saja situs tersebut mencoba untuk merekam informasi dari login akun kamu dengan alasan bahwa username atau password yang dimasukkan salah.

Namun jika kamu sudah terlanjur login dengan akun asli disitus phising, sebaiknya bersegeralah untuk mengunjungi situs aslinya untuk mengganti password dari akun kamu serta informasi penting lainnya.

6. Terdapat Error Pada Sebagian Besar Halaman Situsnya

Gambar : codewrecks.com

Pelaku kejahatan cyber di kebanyakan tindakan biasanya mereka hanya terfokus pada tampilan saja tanpa perlu memperhatikan link yang ada didalamnya, alhasil pada sebagian situs mereka sering mengalami masalah serta tidak dapat diakses.

Nah sebagai pertimbangan, untuk kamu dapat memastikan bahwa situs yang kamu kunjungi tersebut benar-benar kredibel atau tidak. Ada baiknya untuk kamu memeriksa terlebih dahulu beberapa link-link yang ada didalamnya khususnya pada link-link yang ditampilkan dengan ukuran teks yang kecil.

Apabila link tersebut tidak dapat membawamu pada sebuah halaman baru atau bahkan membawamu ke sebuah halaman yang sama sekali tidak jelas. Maka dari situ dapat kamu pastikan bahwa situs tersebut adalah salah satu situs phising yang patut kamu curigai

Sampai disini, itulah beberapa ciri-ciri dari situs phising yang wajib kamu ketahui. Untuk mengantisipasi serta memastikan bahwa kamu bukan salah satu korban dari kejahatan cybercrime yang suda pasti sangat merugikan.

Pelajari informasinya sedini mungkin, karena tanpa pengetahuan lebih tidak ada yang bakal tahu seperti apa modus-modus kejahatan yang sering terjadi di dunia maya. Saat ini sudah banyak sekali situs-situs yang bertebaran di internet so tetap berhati-hati dan bekali diri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tak Ingin Akun Hilang Kena Bajak, Kenali 6 Ciri-ciri Situs Phising

0 komentar:

Posting Komentar