Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Jumat, 15 September 2017

Tak Banyak Yang Tau ?? 8 Trik Ini Mampu Jadikan Kamu Ahli Menggunakan Command Prompt

e-Free Tutor - Command Prompt atau biasa juga disebut dengan CMD merupakan sebuah utilitas Windows yang dimana fungsinya dapat memungkinkan Anda memberikan suatu instruksi/perintah kepada sistem. 

Fungsi lain dari CMD dimana Anda juga dapat menjadikannya bekerja secara otomatis baik itu dalam memecahkan sebuah masalah, ataupun melakukan berbagai macam fungsi.

Sedikit tips sederhana pada artikel kali ini, yang akan memberikan gambaran bagaimana memaksimalkan suatu perintah dalam penggunaan CMD sehingga mampu menjalankan beberapa perintah dan dapat membantu menyelesaikan masalah hanya dengan perintah apapun.

Sebelum lanjut ke pembahasan ada baiknya kita terlebih dulu mengetahui cara membuka/menjalankan Command Prompt. Seperti yang telah diketahui banyak orang, khususnya pengguna Windows. Agar dapat membuka jendela Command Prompt ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu : 

Dengan mengetikkan "cmd" pada menu search di windows setelah tampil sesuai hasil pencarian lalu pilih dan klik untuk membuka Command Prompt. Sebagai alternatif lain, bisa juga dengan menekan tombol Windows + R, dan mengetikkan "cmd" pada jendela utilitas RUN lalu kemudian tekan Enter untuk langsung menjalankan Command Prompt.


Namun jika Anda punya cara yang lain, tidak ada salahnya untuk Anda berbagi pengetahuan bersama kami melalui kolom komentar di bawah artikel ini.

Lanjut ke pembahasan sebelumnya, berikut trik sederhana dalam Menguasai Command Prompt di Windows 10 agar dapat lebih maksimal menjalankan perintah apapun pada Command Prompt :

1. Buka Selalu CMD sebagai Administrator

Ketika menggunakan Command Prompt, umumnya terdapat 2 mode yang dapat kita lakukan saat menjalankannya yaitu mode standar dan administrator. Bisa dikatakan hal ini sudah biasa untuk dilakukan hanya saja ada beberapa perintah yang sama sekali tidak dapat dijalankan jika hanya dalam mode Command Prompt Standar. Jadi intinya mode Administrator memang sangat perlu untuk setiap saat di gunakan.

Untuk itu agar dapat selalu menjalankan Command Prompt sebagai mode Administrator, Anda bisa menggunakan shortcut dari cmd, yang di dapat dari hasil pencarian sistem melalui menu Search pada Windows. Lakukan klik kanan dan pilih >> Open file location, klik kanan lagi Command Prompt lalu pilih >> Send To >> Desktop (create shortcut)




Kemudian klik kanan kembali shortcut Command Prompt yang dibuat tadi, klik >> Properties, lalu pilih >> Advanced >> centang tulisan Run as administrator dan klik >> Ok >> Apply dan OK.




2. Menerapkan Copy dan Paste di CMD

Salah satu kelebihan yang jarang diketahui banyak orang ialah dimana perintah yang terdapat di dalam Command Prompt disini dapat kita lakukan copy dan paste sebagai salah satu alternatif untuk cepat menjalankan perintah.

Ada cara tersendiri yang dapat langsung kita terapkan ketika ingin menjalankan perintah yang sama, perlu diketahui sebelum Anda ingin menyalin sebuah teks apapun, hal pertama yang harus dilakukan ialah masuk ke mode mark , dengan cara menekan tombol Ctrl + M di keyboard.

Setelah itu dilanjutkan dengan meng-klik kiri serta menyeret pointer mouse untuk kemudian menyorot teks yang ingin Anda copy dengan menekan Ctrl + C atau bisa juga dengan menekan Enter untuk langsung menyalinnya ke clipboard. Nah setelah yakin telah tercopy, langsung saja tempelkan, dengan menekan Ctrl + V.

Singkatnya : Tekan Ctrl + M, sorot teks untuk di copy lalu tekan >> Ctrl + C / Enter, setelah itu tekan >> Ctrl + V untuk menempelkan.


Jika cara diatas cukup sulit, Anda juga bisa melakukan cara lain yang nantinya memungkinkan Anda untuk tidak lagi menekan apapun untuk masuk terlebih dulu ke mode mark sehingga dapat langsung menyorot teks, caranya yaitu dengan Klik kanan Judul Command Prompt, lalu pilih >> Properties. Pada tab Options, centang tulisan >> QuickEdit Mode. lalu klik >> OK




3. Gunakan Tombol Panah untuk Perintah Sebelumnya

Seperti yang sudah umum diketahui, dimana ketika Anda ingin berpindah antar perintah pada Command Prompt cukup gunakan arah panah atas dan bawah di keyboard Anda. Selain itu hal ini juga berguna ketika ingin mengulang perintah yang sama atau ingin memperbaiki kesalahan dari perintah yang baru Anda masukkan.

Penekanan tombol arah panah kanan berguna disaat Anda ingin mengulang perintah sebelumnya, yang dimana dalam hal ini berguna jika Anda memang perlu memasukkan beberapa perintah yang memiliki penulisan yang sama.

Alternatif lain juga beguna, ketika menekan tombol F7 yang berfungsi untuk menampilkan semua daftar perintah yang Anda masukkan sebelumnya, dan menjadikan tombol arah panah atas dan bawah sebagai Navigasi perpindahan antar perintah lalu kemudian menggunakan tombol Enter untuk memilih perintah yang diperlukan, atau mengetikkan perintah "doskey /history" tanpa petik untuk menampilkan di Command Prompt.


4. Gunakan Tombol Tab Sebagai Auto-Complete

Selain dari cara diatas, penggunaan tombol TAB pada keyboard juga berguna disaat Anda ingin melengkapi sepenggal perintah secara otomatis. Dengan kata lain, cara ini berguna ketika Anda sama sekali tidak mengetahui nama lengkap dari perintah yang akan Anda masukkan sebagai alternatif untuk menghemat/mempersingkat waktu.

Perlu diketahui juga disaat Anda menggunakan tombol ini, ada dimana suatu perintah yang Anda masukkan tidak sesuai dengan yang Anda butuhkan, dengan terus melanjutkan menekan Tab nantinya dengan sendirinya Anda akan memperoleh pilihan dari perintah yang dibutuhkan, atau bisa juga dengan tekan tombol Shift + Tab untuk kembali melalui metode pilihan.

5. Dapatkan Bantuan dari Setiap Perintah

Dalam menggunakan Command Prompt, ada saat dimana kita sama sekali tidak mengingat (lupa) bagaimana cara menggunakan atau apa fungsi dari perintah yang akan Anda gunakan. Untuknya itu, Anda tinggal tambahkan saja simbol "/?" tanpa petik setelah sintaks Anda. Dan hasilnya nanti akan ditampilkan informasi tentang perintah yang tidak Anda ketahui tersebut.

Sebagai contoh, ketika Anda membutuhkan informasi atau cara lengkap dari perintah "copy" maka Anda tinggal memasukkan perintah "copy /?". Dan nantinya Anda akan di tampilkan daftar cara penggunaan hingga apa apa fungsi dari masing-masing cara tersebut.



6. Simpan ke File atau Salin Ke Clipboard

Dalam suatu Command Prompt terdapat perintah dasar yang sangat jarang diketahui banyak orang, layaknya sebuah buku catatan yang berguna untuk menyimpan berbagai informasi penting di dalamnya, pada Command Prompt juga kita dapat menyalin, serta menempelkan sebuah informasi dari perintah yang di masukkan ke dalam sebuah editor teks untuk kemudian disimpan.

Untuk dapat melakukan cara ini, Anda tinggal memasukkan perintah yang ingin diperoleh informasinya di ikuti oleh simbol ">" tanpa petik setelah spasi  kemudian di ikut lagi dengan path lokasi penyimpanan dan tipe file .txt sebagai outputnya.

Misalnya, untuk memperoleh dan mengeluarkan informasi dari perintah "copy /?" ke dalam bentuk file teks di document penyimpanan saya, Saya cukup memasukkan perintah : "copy /? > c:\copyinfo.txt"


Cara lain juga dapat Anda lakukan dengan menyalin ke clipboard, untuk kemudian siap di pastekan di tempat lain. Adapun cara agar dapat melakukan ini, ialah dengan memasukkan perintah Anda di ikut dengan perintah "| clip". contoh : "copy /? | clip".


7. Jalankan Banyak Perintah Dalam Sekali Penulisan

Cara lain berikutnya dari Command Prompt yang belum banyak diketahui orang yaitu kita dapat menjalankan beberapa perintah hanya dalam sekali penulisan saja.

Jadi maksudnya disini ialah hanya dengan sekali penulisan deret perintah, Anda dapat menjalankan beberapa perintah secara bersamaan tanpa perlu lagi menunggu giliran hingga selesai, lalu mengetikkan perintah selanjutnya. Anda tinggal memisahkan masing-masing perintah dengan simbol "&&" tanpa petik

Misalnya, Anda ingin mengeluarkan informasi dari kedua perintah "copy /?" dan "dir/w" hanya dalam sekali penulisan perintah secara bersamaan, Anda tinggal menambahkan simbol "&&" diantara kedua perintah tersebut. jadi penulisannya seperti ini : "copy /? && dir/w". Jadi cara ini juga berguna jika ingin menjalankan banyak perintah sebanyak yang Anda butuhkan.


8. Akses Command Melalui Windows Key + X

Dalam windows ketika Anda menekan tombol Windows + X di keyboard, Anda akan ditampilkan sebuah menu power user. Menu ini dapat memberi Anda akses secara cepat ke berbagai pengaturan sistem seperti : Task Manager, Device Manager dan Disk Management.


Selain itu di daftar menu ini juga terdapat fitur Command Prompt (Admin) di dalamnya, akan tetapi ada juga windows yang bukan Command Prompt didalamnya melainkan diganti dengan Windows PowerShell



Nah, bagi Anda yang membutuhkan Command Prompt (Admin)  bukan Windows PowerShell pada daftar fitur ini, Anda bisa saja dengan mudah mengganti fitur Windows PowerShell tersebut dengan cara, tekan tombol Windows + I untuk masuk ke menu Settings, kemudian pilih >> Personalization >> Taskbar. sampai disini ubah pengaturan >> Replace Command Prompt with Windows PowerShell in the menu when I right-click the start button or press Windows logo key + X dari On ke>> Off dengan cara geser ke kiri.

Sekarang ulangi kembali, tekan tombol Windows + X, disana nantinya Anda akan melihat yang awalnya adalah Windows PowerShell terganti menjadi Command Prompt (Admin) di daftar.


Itulah tadi 8 trik agar Anda ahli menggunakan Command Prompt, Namun bagi Kamu yang memiliki trik lain selain cara diatas tidak ada salahnya untuk berbagi pengetahuan di kolom komentar di bawah ini. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tak Banyak Yang Tau ?? 8 Trik Ini Mampu Jadikan Kamu Ahli Menggunakan Command Prompt

0 komentar:

Posting Komentar