Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Selasa, 05 September 2017

6 Cara Ini, Mampu Menjadi Solusi Cepat Untuk Memecahkan Masalah Flashdisk Write Protected

e - Free Tutor - Flashdisk merupakan suatu alat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data atau file berupa NAND. Dimana, didalam perangkat ini telah tertanam sebuah controller serta memori penyimpanan data yang sifatnya Non-Volatile atau dapat diartikan sebagai media penyimpanan yang tidak akan hilang meski alat tersebut sama sekali tidak terdapat aliran arus listrik.

Seperti pada umumnya diketahui, bahwa komponen flashdisk juga sering kita kenal sebagai USB Drive, yang memiliki model/bentuk lebih sederhana serta memiliki jenis penyimpanan yang relative lebih sedikit bila dibandingkan dengan Hard-Disk. Hal ini mengingat karena flashdisk tidak membutuhkan sebuah piringan, motor ataupun bagian lainnya yang akan bekerja secara mekanik.

Olehnya itu, karena bentuknya yang lebih kecil inilah membuatnya rentan terhadap masalah. Dan salah satu masalah yang biasa dijumpai, dimana FlashDisk mengalami kondisi Write Protected.



Yaitu kondisi dimana sebuah FlashDisk tidak dapat digunakan sama sekali. Selain itu data-data yang masih tersimpan di dalamnya juga tidak dapat di hapus, di-copy atau bahkan di-format sekalipun.

Dari kondisi Write Protected pada FlashDisk bisa saja disebabkan oleh berbagai hal. Faktor pertama dimana adanya kerusakan pada komponen, terutamanya pada media penyimpanan datanya.

Hal ke-dua yang sering jadi penyebab ialah oleh karena kelalaian dalam penggunaannya, contohnya saja Dengan sengaja mencabut USB Drive secara paksa padahal mungkin saja FlashDisk pada saat itu sedang dalam proses transfer atau copy-paste data.

Faktor lainnya bisa juga disebabkan oleh virus, sebagai penanganan pertama yang perlu dilakukan untuk kondisi ini cukup menggunakan antivirus yang terbaik, namun apabila masalah Write Protected tadi masih juga belum bisa teratasi, dan mungkin saja adanya kerusakan pada sistemnya tidak ada salahnya untuk kamu coba selesaikan dengan cara berikut ini :

  1. Pertama download aplikasi USB Write Protect, silahkan cari di google atau melalui link yang terdapat di artikel ini.
  2. Selanjutnya sambungkan FlashDisk kamu melalui port USB di komputer maupun di laptop.
  3. Setelah download selesai, sekarang kamu bisa langsung menginstal lalu menjalankan programnya.
    Run Aplikasi USB Write-Protect
  4. Nah di bagian "USB Device Write Protection", apabila status dari "Write Protection Status" dalam keadaan aktif atau "Enabled". Kamu langsung saja klik tombol "Disable" di bagian kanan.
    Ubah Status Write Protection
  5. Selanjutnya jika status dari "Enabled" sudah berubah menjadi "Disabled", kamu bisa langsung meng-klik tombol "Close" untuk mengakhiri aplikasi.
    Tutup Aplikasi
  6. Terakhir, buka kembali drive peyimpanan USB kamu dan hasilnya, File didalamnya maupun FlashDisk kamu sekarang sudah bisa diakses kembali seperti sedia kala.
    Drive Explorer
Itulah tadi beberapa solusi singkat mengatasi masalah Write Protected pada FlashDisk, aplikasi tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk membuka proteksi melainkan kamu juga bisa mengunci FlashDisk kamu kembali demi mencegah tindakan penyalinan (di-copy-paste) file/data-data penting yang terdapat di dalamnya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Cukup sekian, dan selamat mencoba !

Link Download :
USB Write Protect 2.0.0 - Setup Installer

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Cara Ini, Mampu Menjadi Solusi Cepat Untuk Memecahkan Masalah Flashdisk Write Protected

0 komentar:

Posting Komentar