Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Jumat, 04 Agustus 2017

Tips, Cara Menghilangkan Virus Pada Android, Tanpa, Aplikasi Antivirus

e-Free Tutor - Dalam penggunaan smartphone Android terkadang untuk dapat menghapus virus kerapkali Antivirus di jadikan solusi oleh beberapa pengguna.

Tapi apa jadinya jika ternyata virusnya malah tersemat pada aplikasi Antivirus yang di gunakan? Tentu ini masalah yang harus segera di atasi.

Penggunaan aplikasi Antivirus di android, sudah barang tentu menjadi keputusan dari masing-masing pengguna.

Namun terlepas dari itu semua, tidak ada salahnya jika sobat ingin mencoba untuk mencari tahu apakah di smartphone sobat terdapat virus atau tidak.


Untuk itu pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan tips yang tentunya dapat membantu sobat dalam menghilangkan virus di android tanpa perlu menggunakan aplikasi.

Cara Menghilangkan Virus Pada Android Tanpa Aplikasi Antivirus

Factory reset menjadi salah satu yang sudah umum dilakukan, akan tetapi tak jarang juga yang mengetahui bahwa cara ini juga disebut sebagai cara yang ampuh dilakukan untuk dapat menghilangkan virus di Android yang kita miliki.

Hanya saja, cara ini cukup beresiko jika kita tidak melakukannya dengan cara yang benar, bisa-bisa data sobat ikut hilang semua ! kan gawat?. Untuk itu agar cara ini aman dilakukan, sobat bisa coba cara berikut :
  1. Masuk ke Safe Mode

  2. Pada perinsipnya, harus diketahui bahwa cara untuk dapat masuk ke Safe Mode pada tiap perangkat Android itu memiliki cara yang berbeda-beda. Akan tetapi, kebanyakan perangkat menggunakan cara dengan mengkombinasikan tombol Power dan Volume dengan ditekan secara bersamaan pada saat proses booting. Jika masih bingung, silakan Googling dengan keyword "Safe Mode (tipe Android)".

  3. Mengecek Aplikasi Pada Safe Mode

  4. Ketika sobat telah berada dalam Safe Mode, langsung saja cek aplikasi yang terinstal. Dengan cara masuk ke Settings >> pilih Apps, kemudian pilih tab Downloaded. Disana nantinya sistem akan secara otomatis menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga pada Safe Mode, akan tetapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga yang dapat menjalankan fungsi sistem. Dalam hal ini, jika Android sobat terinfeksi virus, disini nantinya akan kelihatan aplikasi asing yang sekiranya tidak pernah sobat instal di Android sebelumnya.

  5. Menghapus Aplikasi Asing yang Mencurigakan

  6. Langkah selanjutnya apabila sobat telah menemukan aplikasi mencurigakan tersebut, sobat langsung saja klik aplikasi tersebut lalu pilih Uninstall. Dikasus yang sama ketika sobat menghapus sebuah virus di Android, mungkin saja sobat akan mendapati sebuah aplikasi yang sama sekali tidak dapat di-uninstall secara langsung, hal itu karena aplikasi tersebut telah memberikan kontrol Akses dalam bentuk Administrator.

  7. Menghapus Akses Administrator Aplikasi Asing

  8. Selanjutnya ketika sobat telah menemukan sebuah aplikasi yang menjalankan dirinya pada Akses Administrator, yang harus sobat lakukan ialah dengan megubah aksesnya atau paling tidak menghapus akses tersebut. Caranya, keluar dari Application Settings, setelah itu masuk ke Settings >> Security >> Device Administrator. Lalu hilangkan akses Administrator dari aplikasi tersebut. Jika sudah, selanjutnya kembali lagi ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, dari sini harusnya sekarang kamu sudah bisa menghapusnya.

  9. Keluar Dari Safe Mode

  10. Setelah proses penghapusan dari aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya sobat tinggal keluar dari Safe Mode. Dengan cara lakukan proses Restart seperti biasa.
Sampai disini sobat telah selesai, dan rasanya pasti mudah bukan untuk dilakukan. Dan sekarang tanpa adanya Antivirus sobat sudah bisa memelihara perangkat Android sobat dengan cara-cara seperti diatas tadi. Baiklah sekian dan terima kasih,

Semoga bermanfaat ! 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips, Cara Menghilangkan Virus Pada Android, Tanpa, Aplikasi Antivirus

0 komentar:

Posting Komentar