Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Sabtu, 10 Juni 2017

Tips : Cara Membuat iPhone Tidak Lemot

e-Free Tutor - iPhone merupakan salah satu jajaran ponsel pintar (Smartphone) yang pasalnya dirancang sekaligus dipasarkan oleh perusahaan raksasa Apple Inc. iPhone merupakan satu-satunya Smartphone yang menggunakan sistem operasi ponsel genggam iOS Apple atau yang biasa kita kenal dengan sebutan iPhone OS. Seperti yang kita ketahui iPhone juga merupakan Smartphone yang yang sangat diminati oleh semua kalangan pengguna, alasannya karena menggunakan fitur layar antarmuka yang begitu mulus dan lancar.


Pada penggunaan iPhone terkadang ada beberapa diantara pengguna kurang memperhatikan ataukah minimnya pengetahuan akan hal yang memungkinkan kinerja performa dari Smartphone kita menurun sehingga seringkali iPhone kita terasa lambat,


Seperti penguna pada umumnya melakukan upgrade ke sistem operasi iOS versi terbaru, bisa menjadi salah satu faktor penyebab, dan membuat iPhone kita menjadi lemot. Nah untuk mengatasi hal yang mempunyai performa iPhone sudah tidak seperti sedia kala. e-Free Tutor punya sedikit tips dan trik yang telah dirangkum dan mungkin bisa dicoba bagi para pengguna iPhone lawas :
  1. Membersihkan Browsing History

    Langkah awal yang bisa anda lakukan ialah dimulai dari membersihkan browsing history secarar rutin pada browser Safari caranya pilih menu Settings > Safari > Clear History and Website Data.

    Dalam melakukan pembersihan data Cache di Browser Safari terkadang kita merasakan browser bekerja agak lambat tapi hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena itu adalah hal yang biasa. Browser bekerja extra agar dapat mengumpulkan sisa-sisa data penelusuran yang nantinya ingin dihapus, sebaliknya setelah proses pembersihan kita lakukan, performa smartphone akan kembali menjadi lebih cepat dikarenakan file sampah yang di hapus tadi secara rutin dilakukan. 


  2. Menghapus File Usang (Telah lama)

    Membersihkan file-file usang juga menjadi salah satu solusi yang efektif agar iPhone tidak lemot, menghapus file, seperti foto, dokumen video, pesan teks yang telah dibaca, atau data yang sudah lama tidak digunakan dan tersimpan lainnya akan memperlancar kinerja iPhone.

    Agar dapat melakukan pembersihan secara total pada file-file yang telah usang (lama tertinggal), caranya buka menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Jika sudah ketemu silahkan hapus semua data yang tidak Anda butuhkan. begitupun juga dengan aplikasi apabila dirasa masih dibutuhkan cukup di-uninstall saja lalu dipasang kembali agar data cache yang tersimpan dapat segera terhapus.


  3. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

    Sama halnya seperti point kedua yang tentu berkaitan dengan cara ini, Sebelumnya periksa kembali semua aplikasi dan game yang terpasang dalam iPhone, lalu uninstall semua aplikasi yang jarang dipakai atau tidak dibutuhkan lagi.

    Hal penting yang perlu diperhatikan, Aplikasi ataupun game yang sudah jarang dipakai atau bahkan tidak pernah sama sekali digunakan lagi justru inilah yang berpotensi memenuhi memori dan membebani kinerja dari sistem, jadi bijak-bijaklah dalam penggunaan.


  4. Matikan Background App

    Berdasarkan pengalaman beberapa aplikasi yang terkadang tetap berjalan di belakang sistem yang sedang atau pernah kita jalankan (di background), seperti halnya memperbarui konten serta sinkronisasi data yang tanpa disadari. Hal tersebut juga bisa menjadi pemicu yang dapat memperlambat kinerja dan menguras penggunaan baterai.

    Untuk mematikan, caranya buka menu Settings > General > Background App lakukan penyegaran (me-Refresh) dan matikan semuanya atau bisa beberapa aplikasi saja sesuai keinginan pengguna.


  5. Menggunakan Aplikasi Default

    Pada prinsipnya Aplikasi bawaan (default) dari Apple memang dirancang untuk dapat bekerja secara lebih baik pada iPhone. Aplikasi bawaan ini didesain untuk fungsi-fungsi umum seperti e-mail, navigasi, serta web browsing.

    Kenyataan, secara fungsi memang aplikasi tersebut bukanlah merupakan aplikasi yang terbaik, namun aplikasi-aplikasi bawaan tersebut tetap bisa diandalkan untuk mengejar performa yang lebih baik dan optimal.


  6. Matikan Fitur Download Otomatis

    Salah satu pemicu yang lain ialah dengan aktifnya fitur Download Otomatis pada iPhone, Fungsi dari fitur ini ialah untuk memudahkan kita memperoleh update-tan terbaru dari aplikasi-aplikasi yang terpasang pada iPhone agar tidak tertinggal, namun pada kenyataan ternyata hal ini juga bisa memicu menurunnya perfroma dari Sistem iPhone. Untuk mematikan fitur ini caranya buka menu Automatic Downloads melalui menu Settings > App and iTunes Stores. Yang perlu diperhatikan juga  apabila iPhone yang dimiliki menjadi satu-satunya perangkat yang terhubung dengan Apple ID, maka dianjurkan agar pilihan ini tetap dalam kondisi menyala (On).

    Tapi sebaliknya jika memiliki banyak perangkat dengan satu Apple ID, maka perangkat lain juga akan mengunduh update aplikasi secara otomatis yang sebenarnya juga tidak dibutuhkan dalam iPhone tersebut.

    Dalam hal ini juga adapun aturan dalam melakukan update, sebaiknya perangkat iPhone menggunakan koneksi Wifi dan mematikan menu Use Cellular Data melalui menu Settings > App and iTunes Stores.


  7. Matikan Fitur Efek Visual

    Untuk penggunaan fitur Efek visual di antarmuka menu iPhone memang membuatnya terlihat keren, namun hal ini juga menjadi beban buat hardware. agar dapat mematikan fitur tersebut, caranya buka menu Settings > General > Accessibility > Increase Contrast lalu ubah menu Reduce Transparency keposisi On.

    Selain itu matikan juag fitur motion melalui menu Settings > General > Accessibility lalu mengaktifkan pilihan Reduce Motion keposisi On.


  8. Matikan Fitur Siri

    Cara terakhir ialah dengan mematikan fitu Siri yang dimana fungsi dari fitur Siri ini ialah fitur asisten pribadi dalam iOS. Memberikan saran saat melakukan pencarian dalam iOS 9 adalah yang bisa dilakukan oleh fitur ini, namun fitur ini juga bisa membuat smartphone jadi lemot.

    Adapun cara agar dapat mematikan fitur tersebut, yaitu dengan membuka menu Settings > General Spotlight Suggestions > Siri Suggestions. Hal lain yang juga dapat membebani sistem adalah "Hey Siri." Jika ingin mematikan fitur ini juga, bisa dengan membuka menu Settings > General > Siri.
Itulah tadi beberapa cara efektif agar tidak menjadikan performa iPhone kita menurun dan menjadi lemot, apabila masih butuh cara yang lain silahkan lakukan Restart atau Reset Settingan smartphone seperti biasanya


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips : Cara Membuat iPhone Tidak Lemot

0 komentar:

Posting Komentar