Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Selasa, 20 Juni 2017

Cara Praktis Membuat Rumus Microsoft Word Layaknya Excel

e-Free Tutor - Dalam melakukan perhitungan nilai dari suatu data-data laporan ataupun nilai siswa kebanyakan orang menggunakan Microsoft Excel yang didalamnya terdapat banyak fungsi dan rumus perhitungan, yang memang hal tersebut adalah peruntukannya, sehingga bisa membuat pekerjaan cepat selesai. 

Akan tetapi tahukah Anda bahwa Microsoft Word juga dapat digunakan untuk hal perhitungan -perhitungan dengan menggunakan rumus seperti halnya Microsoft Excel?

Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana cara agar Anda bisa menggunakan rumus di dalam tabel Word. Hanya saja pada Microsoft Word ada beberapa formula Excel yang bisa digunakan walaupun tidak selengkap Excel, tapi sudah cukup untuk Anda bisa memeperoleh Jumlah, Jumlah Total, Nilai Rata-rata dll.


Baiklah, tanpa panjang lebar langsung saja kita mulai pembahasannya :

1). Buat Tabel dan Sisipkan Data Di Word

Pertama-tama buatlah sebuah tabel terlebih dahulu, caranya Klik tab Insert >> klik Table >> lalu sorot dan klik grid tabel sebanyak yang Anda butuhkan.


Setelah itu masukkan data pada Tabel yang dibuat tadi, anggap saja saya punya data sederhana seperti gambar dibawah ini :

2). Masukkan Formula Ke Dalam Tabel Word

Selanjutnya ketikkan formula pada kolom yang nantinya akan kita jadikan hasil perhitungan dari beberapa nilai. Misal seperti data diatas, pada kolom Rata-rata bernama Muh.Ikhsan saya akan menghitung rata-rata dari ketiga nilai Matematika, Bhs.Indonesia dan Bhs.Inggris.

Caranya, klik Cell terakhir (Rata-rata) di kolom kelima,

Kemudian klik tab Layout >> di ribbon klik  fx Formula.

setelah itu, disana nanti akan muncul sebuah kotak dialog Formula dengan rumus default "=SUM(LEFT)" seperti berikut, 


Dapat kita lihat, ketika mengklik tombol OK, Nantinya akan muncul sebuah nilai penjumlahan data dari kanan kekiri (90+75+80=245). 

Namun pada artikel ini yang saya butuhkan adalah nilai rata-rata dari ketiga kategori nilai seperti tabel sebelumnya diatas, maka pada kotak dialog formula tadi langsung saja saya hapus dan mengganti Formulanya menjadi "=AVERAGE(LEFT)"

atau bisa juga dengan mengklik pilihan Paste function >> pilih AVERAGE >> lalu ketik LEFT didalam tanda "( )". namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu untuk menghapus default formula ("SUM(LEFT)") sebelumnya tanpa menghapus juga tanda "=", seperti berikut




jika sudah, klik OK maka hasil nilai rata-rata dari Muh. Ikhsan tadi = 81,67


Untuk mencari nilai Rata-rata siswa yang berikutnya, caranya pun juga sama. Anda bisa mengulangi cara yang kedua untuk menghitung nilai siswa lainnya. Dan adapun kelanjutan hasil akhir keseluruhan dari contoh data diatas seperti berikut :


Walaupun mungkin kebutuhan akan data Anda berbeda dengan contoh artikel ini. Namun artikel diatas hanyalah contoh dari pembuatan Formula yang tidak hanya di Excel saja yang bisa, akan tetapi di Word juga dan saya sajikan dengan pemakaian Formula AVERAGE

Masih ada beberapa formula yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dari data Anda, Jadi silahkan Anda coba sendiri dan apabila ada hal yang inigin ditanyakan langsung saja ke kotak komentar dibawah ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Praktis Membuat Rumus Microsoft Word Layaknya Excel

0 komentar:

Posting Komentar