Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Minggu, 17 Mei 2015

[TIPS] Cara Meminimalisir Efek Radiasi Ponsel

e-Free Tutor – Tahu tidak sob mengapa pada sebuah SPBU terdapat tanda larangan untuk menggunakan Ponsel? Seperti yang kita ketahui bersama ponsel merupakan perangkat elektronik yang tentu memiliki sebuah gelombang elektromagnetik, alasan mengapa pada setiap SPBU melarang kita untuk menggunakan ponsel, ya karna itu tadi Radiasi yang dipancarkan oleh Gelombang Elektromagnetik pada ponsel dapat memicu kebakaran pada bahan bakar yang terdapat di SPBU. Tidak hanya itu radiasi dari ponsel juga dapat membahayakan serta memberi dampak buruk bagi kesehatan manusia itu sendiri.


Jika kita melihat dampak dari radiasi yang dipancarkan oleh ponsel memang tidak akan terlihat secara jangka pendek. Melainkan dalam jangka waktu yang panjang, nah dampak bagi kesehatan yang akan ditimbulkan oleh radiasi ponsel itu sendiri kita sebut saja penyakit kanker dan penyakit kronik lainnya dimana penyakit ini bisa muncul akibat partikel bebas yang dipancarkan oleh radiasi ponsel tersebut. Nah untuk meminimalisir hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Meminimalisir Efek Radiasi Ponsel sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir efek radiasi tersebut namun kami hanya membahas yang beberapa saja, berikut caranya :
  1. Setting Ponsel Ke Mode Flight (Offline Mode)

    Ketika ponsel anda sedang tidak digunakan, biasakanlah untuk mematikannya. Atau dengan melakukan pengaturan pada ponsel atur ke Mode Penerbangan / Offline Mode, hal ini dimaksudkan agar transmitter pada ponsel tersebut dalam keadaan Off. 

  2. Gunakan Loudspeakers / Earphone

    Saat melakukan panggilan, disarankan bagi anda untuk mengaktifkan loudspeakers, atau bisa juga menggunakan aksesoris ponsel berupa earphone atau semacamnya. Maksudnya disini ketika anda melakukan panggilan hal ini juga dapat membantu mengurangi kedekatan otak anda pancaran radiasi ponsel yang lebih kuat ketika menelpon tanpa harus menempelkan ponsel anda pada telinga. 

  3. Hindari Melakukan Panggilan Saat Dalam Perjalanan

    Pada saat anda dalam perjalan sebaiknya jangan menerima telepon. Alasannya, ponsel yang digunakan dalam keadaan bergerak justru ini akan membuat penerima sinyal pada ponsel anda berkerja secara maksimal, ponsel akan terus menerus mencari pancaran sinyal yang terkuat dari Base Transceiver Station (BTS). Tentu saja hal ini juga akan menguatkan radiasi dari ponsel anda.

  4. Hindari Peletakan Ponsel Pada Saku Celana

    Berdasarkan suatu riset, telah ditemukan bahwa pria yang meletakkan ponsel pada saku celana cenderung memiliki jumlah sperma 25 % lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak meletakkan ponsel pada saku celana. Bagian lain dari tubuh juga dapat menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, serta jaringan testikular kemungkinan juga lebih mudah untuk diserang. Jadi disarankan untuk lebih baiknya cukup meletakkan ponsel anda di dalam tas saja.

  5. Gunakan Casing / Sticker Anti Radiasi  

    Mengingat kekhawatiran bahaya radiasi ponsel belakangan ini banyak produsen telah menciptakan Casing atau Sticker berkemampuan khusus yang dapat meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel. Kami rasa ini perlu untuk dicoba mengingat kondisi saat ini yang memungkinkan kita untuk menghindari radiasi oleh ponsel tersebut sejauh mungkin.

  6. Jangan Tidur Bersamaan Dengan Ponsel 

    Jauhkan ponsel yang aktif dari tempat dimana kita akan tidur, hal ini juga membantu untuk menghindari paparan langsung dari radiasi ponsel secara terus-menerus pada tempat yang sama. Terkadang kita memang membutuhkan suatu fitur alarm pada ponsel untuk membangunkan kita dipagi hari. Akan tetapi, jangan meletakkan ponsel dimana posisi kepala anda berada. Medan elektromagnetik dapat berakibat berkurangnya produksi melatonin pada tubuh, dan penyapu radikal bebas yang dapat melindungi sel-sel tubuh anda dari kerusakan DNA. Seperti yang sebelumnya penulis katakan Resiko kanker serta penyakit lainnya ini disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada DNA yang disebabkan oleh hamparan radia pada ponsel.

  7. Lebih baik Gunakan SMS 

    Bila anda adalah orang yang hobi melakukan SMS, kami rasa ini juga dapat membantu secara maksimal. Dengan melakukan pengiriman SMS hal ini dapat membatasi durasi dari paparan radiasi, serta dapat menjaga jarak ponsel dengan kepala dan tubuh kita. Dan yang perlu diperhatikan juga ketika ber SMS sambil memangku ponsel sebaiknya jangan dilakukan. Pada berberapa studi menemukan terjadinya kerusakan vitalitas dan motilitas sperma dapat bergerak secara spontan, dan hal ini pun juga tak akan baik pengaruhnya pada rahim wanita.

  8. Hindari Ruangan Sempit 

    Hindari menerima telepon pada Ruangan yang Sempit. Sudut ruangan yang biasanya sempit terkadang juga menjadi tempat dimana sinyal pada ponsel menjadi lemah, Nah sinya yang lemah justru dapat memicu radiasi yang lebih tinggi. Hal ini juga berlaku pada area yang kecil seperti Lift.
Itulah tadi sedikit ulasan mengenai Cara Meminimalisir Efek Radiasi Ponsel, mohon maaf apabila ada salah kata serta pembahasan yang kurang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita khususnya perhatian kita terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh Radiasi Ponsel itu sendiri. Terimakasih!!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : [TIPS] Cara Meminimalisir Efek Radiasi Ponsel

0 komentar:

Posting Komentar