Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Selasa, 12 Mei 2015

Menghindari Penyakit Mata Lelah Akibat Penggunaan Teknologi

e-Free Tutor - Dalam hal menghabiskan waktu berjam-jam berhadapan langsung dengan Komputer maupun Gadget untuk setiap harinya tentu itu bukan hal yang lumrah. Mengapa tidak walau hanya dengan Facebookkan, Bermain game, BBMman di Smartphone atau bahkan kerja depan komputer yang ada dikantor kita bisa menghabiskan waktu yang begitu lama. Pastinya itu sudah menjadi kebiasaan, tapi yang perlu diingat jika terus-terusan seperti itu. Bisa-bisa organ pada mata akan mengalami kerusakan.


Menurut hasil sebuah studi dari Vision Council mengungkapkan bahwa 68 % dari rata-rata generasi muda jaman sekarang menderita sebuah penyakit yang dikenal dengan sebutan Digital Eye Strain atau Penyakit Mata Lelah akibat penggunaan teknologi secara berlebihan. Memang sih kalau kita meninjau kembali sekarang ini kebanyakan dari kita, dalam menggunakan Komputer maupun Gadget kadang sering lupa waktu dan sangat susah lagi untuk dihindari, oleh sebab itu diingatkan kembali perlu adanya kebijakan dalam penggunaan teknologi.


Bila kita ingin membahas lebih dalam, banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya Digital Eye Strain atau Penyakit Mata Lelah Akibat Penggunaan Teknologi Secara Berlebihan, kebanyak dari kita dan bahkan sudah menjadi kebiasaan dimana terlalu lama menatap layar yang terlalu terang (entah itu di Monitor Komputer, Televisi ataupun yang lebih sering itu biasanya Ponsel). Dan yang lebih parah lagi dari itu ialah menatap gambar yang kecil atau kabur yang sering membuat ketegangan ketika sedang fokus menatap gambar kecil atau kabur tersebut.

Nah dari ketegangan inilah yang nantinya dapat menyebabkan mata menjadi kering dan mudah iritasi. Cahaya biru yang dipancarkan oleh Digital Display, dan Cahaya Biru tersebut diketahui sebagai High-Energy Visible atau Cahaya HEV yang dapat semakin menambah ketegangan pada mata yang pada akhirnya akan merusak organ pada mata.

Dari permasalahan diatas adapun gejala yang akan disebabkan oleh Digital Eye Strain ini, dimana ada 6 Gejala yang akan dirasakan apabila telah menderita Digital Eye Strain ini yaitu :
  1. Adanya ketidaknyamanan pada mata
  2. Mata akan memerah
  3. Mata mengalami kering dan iritasi
  4. Mata mudah lelah
  5. Pandangan menjadi kabur
  6. Mata berair dan diselingi dengan sakit kepala

Dari gejala-gejala diatas tadi Tips buat harus dilakukan jika ingin mengatasi Digital Eye Strain ini. Kalau sobat sudah merasakan Gejala dari Digital Eye Strain seperti yang kami sebutkan tadi, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan meninggalkan kebiasaan buruk seperti yang dijelaskan tadi hal ini diperuntukkan agar mata dapat melakukan pemulihan.


Untuk memulihkan mata sobat dari Digital Eye Strain ini tips yang dapat dilakukan ialah dengan Menjauh atau Mengatur Jarak dari Layar Monitor Maupun Gadget. Kurasa ini cukup sederhana untuk dilakukan apabila sobat telah menderita Digital Eye Strain, dengan mengistirahatkan mata dari layar komputer maupun Gadget akan membuat mata sobat menjadi rilex dan fresh. 

Menurut Vision Council, sobat dapat melakukan istirahat pada sekitar “20-20-20”. Maksudnya ialah setiap kali mata kita menatap layar selama 20 menit, diupayakan mengambil waktu 20 detik untuk mengistirahatkan kemudian mengarhkan pandangan sobat ke sesuatu benda yang berjarak 20 kaki.


Nah berbeda lagi dengan The Canadian Ministry Of Labor, mereka menyarankan untuk kita beristirahat selama lima menit setelah kita bekerja selama satu jam penuh. Sobat dapat mengatur timer pada smartphone untuk menjadi waktu yang sobat perlukan untuk mengistirahatkan mata sobat.
Hal lain lagi yang bisa sobat lakukan ialah :
  1. Dengan menyesuaikan pengaturan pada tampilan layar monitor pc maupun gadget sobat sehingga tidak perlu tegang ketika membaca atau melihat apapun.
  2. Dengan meletakkan Anti-Glare atau pelindung dari radiasi monitor komputer sobat.
  3. Usahakan cahaya yang ada diruangan sobat berada dan kecerahan pada layar monitor sobat berada pada tingkat keterangan yang sama.
  4. Nah buat yang memakai kacamata, sobat bisa mengunjungi dokter spesialis mata sobat untuk membuat lensa dan pelapisnya bisa membantu sobat mengurangi Digital Eye Strain ini.
Demikian artikel berikut semoga bermanfaat!!



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menghindari Penyakit Mata Lelah Akibat Penggunaan Teknologi

0 komentar:

Posting Komentar