Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Rabu, 15 April 2015

Cara Mengatasi Error 5B00 atau P07 Printer Canon MP258

e-Free Tutor - Sebelum kita membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Error 5B00 dan P07 Pada Printer Canon MP258, terlebih dahulu saya perkenalkan kepada sobat sekalian tentang printer Canon MP258 khusunya bagi yang belum mengetahui apa fasilitas yang disediakan oleh mesin printer tersebut dibandingkan dengan mesin printer canon yang tipe dibawahnya.

Printer Canon MP258 merupakan printer multifungsi yang memiliki kegunaan layaknya mesin fotocopy pada umumnya, selain itu mesin ini juga memiliki fungsi sebagai Scanner. pada kasus sebelumnya saya juga sempat menghadapi masalah dikantor saya dan kebetulan juga pada saat itu saya sedang mencetak sebuah laporan untuk keperluan tertentu dengan jenis printer yang sama namun tiba-tiba saja printer yang saya gunakan berhenti ditengah proses dan menampilkan pesan Error 5B00 dilayar monitor komputer sekaligus ditandai dengan munculnya pesan E-P-0-7 secara bergantian pada display printer yang saya gunakan.

Pesan ini muncul disebabkan oleh banyaknya hasil cetakan pada printer yang sudah melebihi kapasitas memori dari normalnya di dalam printer Canon MP258, 

Masalah seperti ini sering kita jumpai apabila printer yang kita gunakan sudah cukup lama dan sudah mencetak data yang begitu banyak. nah pada kesempatan kali saya sengaja berbagi pengalaman melalui artikel ini yang tentunya cara ini sempat saya coba dan hasilnya 100% bekerja. solusinya kita hanya perlu mereset printer tersebut menggunakan software 'Service Tool' dan cara ini bisa sobat coba sendiri dan cukup mudah untuk menerapkannya. 

Berikut tips dari saya tentang cara mengatasi Error 5B00/ P07 pada printer canon MP258 :
  1. Pertama Download Software Service Tool pada link download yang telah saya sediakan dibawah artikel ini, kemudian Extract filenya ke folder yang sobat kehendaki.
  2. Selanjutnya matikan printer sobat terlebih dahulu.
  3. Kemudian Tekan  dan tahan tombol 'Stop/Reset' dan dilanjutkan dengan menekan dan menahan juga tombol Power pada printer MP258 sobat.


  4. Masih dalam kondisi kedua tombol di tekan, lepas tombol Stop/Reset kemudian tekan tombol Stop/Reset tersebut sebanyak 2 kali secara cepat, setelah itu lepas Tombol Power dan Stop/Reset secara bersamaan.
  5. Tunggu beberapa saat, hingga printer memproses perintah tersebut dan menunjukkan angka 0 pada display indicator printer.
  6. Pastikan pula sebelumnya kabel printer ke komputer telah terhubung dan jangan lupa sediakan 2 lembar kertas pada printer untuk proses reset tersebut.
  7. Buka software Service Tool yang telah sobat download dan extract tadi.


  8. Klik tombol (1) 'Main' seperti pada gambar diatas kemudian tunggu hingga printer mencetak data bertuliskan D=000.0.
  9. Setelah itu klik tombol (2) 'EEPROM Clear', dan selanjutnya klik tombol (3) 'EEPROM' setelah itu tunggu lagi hingga printer mencetak beberapa tulisan.
  10. Tekan tombol power untuk mematikan printer
  11. Terakhir nyalakan kembali printer dan jika pada display indicator printer bertuliskan 1 berarti proses perbaikan yang sobat kerjakan sudah berhasil.
Itulah tadi tips dan trik tentang bagaimana Cara Mengatasi Error 5B00 atau P07 Pada Printer Canon MP258 semoga artikel ini dapat bermanfaat buat para pembaca dan Sahabat blogger sekalian.

Link Download | Service Tool Canon MP258
Password : aerodize.blogspot.com





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Error 5B00 atau P07 Printer Canon MP258

0 komentar:

Posting Komentar