Tutorial, Tips-Trik, Dan Aplikasi Bermanfaat Gratis

Senin, 13 April 2015

Cara Mengatasi Bootloop Asus Zenfone

e-Free Tutor - Asus Zenfone Siapa sih yang gak kenal dengan SmartPhone yang satu ini, smartphone dengan spesifikasi lengkap, canggih dan harga yang cukup murah. tapi meskipun begitu tidak menutup kemungkinan smartphone ini tidak memiliki kelemahan.


Seperti smartphone pada umumnya Asus Zenfone bisa juga mengalami yang namanya BOOTLOOP, bootloop merupakan situasi dimana Asus Zenfone kita tidak dapat boot secara normal seperti biasanya, hal ini dapat terjadi di karenakan adanya suatu masalah dalam sistem android kita yang bisa saja disebabkan oleh adanya aplikasi yang crash, file custom ROM-nya rusak atau lain sebagainya. dalam kasus tersebut tentunya hal ini menghalangi sistem untuk menyelesaikan proses boot yang ditandai dengan tampilan animasi booting seperti gambar diatas secara terus menerus ketika Asus Zenfone pertama kali dinyalakan.

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami sebelumnya ketika ponsel Asus Zenfone yang baru saya beli 2 hari setelahnya, tiba-tiba mengalami masalah seperti judul artikel kali ini, kemudian dari pengalaman itupun akhirnya saya berinisiatif membagi tips yang mungkin saja bisa membantu sobat dalam mengatasi masalah yang sama tersebut, tapi sebelum itu ada bahan dan perlengkapan yang perlu sobat persiapkan terlebih dalu agar memperlancar tahap demi tahap dalam perbaikan yaitu :
  1. Pertama Download Intel USB Driver For Android, tapi sebelum mendownload file USBDriver versi 1.1.4 sobat harus membuat account terlebih dulu pada situs tersebut. atau bisa juga sobat klik link yang sudah saya sediakan dibawah artikel ini.
  2. Jangan lupa Download juga ADB Fastboot tool.
  3. Dan satu lagi sob yang lebih penting biar lebih afdol Download juga file Firmware atau Stock ROM Zenfone, adapun cara downloadnya sbb : Pada situs Asus pilih menu 'Phone' > setelah itu pilih jenis ponsel yang sesuai dengan tipe ponsel sobat, selanjutnya > pilih lagi menu 'Support' pada menu ini terdapat beberapa tab yaitu : Driver & Tools, FAQ, Warranty, Manual & Document. disini > pilih tab 'Driver & Tools' kemudian > pilih OS 'Android' pada menu dropdown yang tersedia, setelah itu nanti sobat akan dihadapkan pada tampilan daftar silahkan > pilih 'Firmware (47)', nah disini sobat bisa memilih jenis firmware yang sesuai dengan ponsel sobat seperti version WW, TW, CN atau CHT. sebelum mendownload sebaiknya Cek terlebih dulu jenis Firmware Ponsel Asus sobat agar tidak salah, cara ceknya pada situs itu juga masuk pada menu 'Setting > About > Software Information > Build Number.
  4. Siapkan kabel data zenfone dan perangkat pc/laptop
Setelah bahan dan perlengkapan seperti diatas sudah siap tahap berikutnya adalah Tahap Flashing atau Install ulang ponsel Zenfone sobat :
  1. Langkah awal Matikan Ponsel Asus Zenfone sobat terlebih dahulu.
  2. Kemudian masuk ke mode 'Zenfone Fastboot Mode', dengan cara Tekan Tombol Power dan Volume Up (+) secara bersamaan
  3. Setelah masuk pada Mode Fastboot, pilih menu 'recovery'. untuk berpindah antar menu gunakan Volume up(+) dan Volume down(-) dan setelah itu gunakan Tombol Power untuk memilih 'Yes'.
  4. Selanjutnya sobat akan dihadapkan pada tampilan robot android terlentang dengan tulisan 'No Command'. beriktut masuk ke Mode Android 'System Recovery' dengan cara menekan dan tahan Volume down(-) kemudian menekan tombol Volume up(+) (dalam keadaan tetap menahan tombol volume down) setelah itu lepas tombol Volume up(+) namun tombol Volume down(-) tetap dalam keadaan tertahan.


















  5. Jika sobat berhasil masuk ke mode 'Android System Recovery' dimode itu akan terdapat beberapa opsi seperti 'reboot system now' , 'apply update from adb' , 'wipe cache' dll.
  6. Setelah itu silahkan sambungkan ponsel Asus Zenfone sobat ke PC dengan menggunakan kabel data USB ponsel Asus Zenfone yang dimiliki. Namun sebelum itu 'Intel USB Driver For Android' harus sudah terinstall di pc.
  7. Selanjutnya pilih opsi 'apply update from adb' pada mode 'Android System Recovery' di ponsel Zenfone sobat.
  8. Jika telah berhasil, nanti akan terdapat notifikasi pada PC bahwa Android ADB telah terhubung. setelah itu extrak file 'ADB Fastboot Tool' yang telah didownload tadi.
  9. Pada PC buka Command Prompt Windows dan  masuk ke folder ADB Fastboot Tool yang telah di extrak tadi berada. ketikkan printah dibawah ini melalui Command Prompt untuk masuk ke folder ADB Fastboot Tool
    cd[spasi]nama_folder_ADB_anda
  10. Setelah Command Prompt berada pada folder ADB Fastboot Tool ketikkan perintah ini :
    adb[spasi]devices
  11. Jika ponsel Asus Zenfone sobat benar-benar telah terhubung pada PC melalui ADB, maka akan tampil daftar device pada Command Prompt dan nama dari device terhubung tersebut terdiri dari kumpulan angka.
  12. Pada file Firmware berekstensi zip yang telah didownload sebelumnya, di dalam terdapat file zip lagi. Extrak file zip yang terdapat didalam file zip Firmware yang didownload tadi kemudian letakkan didalam folder ADB Fastboot tempat sobat menyimpan sebelumnya.
  13. Setelah itu kembali pada Command Prompt ketikkan perintah : 
    adb[spasi]sideload[spasi]nama_file_firmware
  14. Setelah sobat mengetikkan perintah diatas secara bersamaan akan tampil proses uploading firmware dari PC ke ponsel Zenfone. tunggul hingga 100%
  15. Kemudian setelah proses upload selesai, perhatikan pada ponsel Zenfone sobat, nanti akan tampil proses instalasi firmware. apabila tahap instalasi berhasil dan tidak terdapat pesan error, maka nanti sobat akan dihadapkan pada mode 'Android System Recovery'. Setelah itu pilih menu 'Reboot System Now'.
  16. Jika proses reboot telah selesai maka ponsel Asus Zenfone sobat akan kembali dalam keadaan baru tanpa ada aplikasi-aplikasi yang terinstall.
Sekian tutorial pada hari ini sob, selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu bagi sobat sekalian yang mengalami masalah yang demikian.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Bootloop Asus Zenfone

0 komentar:

Posting Komentar